Biar ku buka topeng mereka

Aku mencintai
perempuan yang menyusui anaknya
wanita yang memasak makanan untuk anak dan suaminya
laki laki yang bekerja untuk anak dan istrinya yang miskin
nenek yang mengasuh cucunya yang di tinggal pergi merantau
 kakek yang yang memberi wejangan pada anaknya yang sudah menjadi orang tua

aku suka pada kehidupan kelas bawah
kemiskinan yang mengajari anak anak hidup prihatin
dan solidaritas sesama tanpa memandang harta
bermain dengan alam sekitarnya berbekal clurit atau golok

aku membenci
manusia sok pamer harta dan kepintaran
memberi dengan kepongahan
memamerkan kedermaan penjunjung tinggi harkat dan martabat
tertawa dan berpesta pora di atas penderitaan  orang orang tertindas dan lemah

aku tak suka
hidup di tengah garis kemiskinan  di antara papa yang meminta minta tapi tak bisa memberi apa apa
di atas kemunafikan yang membahana tanpa bisa membuka topeng mereka
atau biarkan saja aku mati..

***24-4-2011***